UC Browser 12.0 Hadir di Indonesia

2 Feb, 2018

UC Browser 12.0 Hadir di Indonesia

UC Browser adalah salah satu peramban (browser) paling populer dan cepat dari UCWeb, bagian dari Alibaba Mobile Business Group mengumumkan hadirnya versi terbaru UC Browser 12.0. Versi ini menjanjikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan cerdas serta bertujuan untuk memberikan konten yang lebih bervariasi kepada para penggunanya di Indonesia.

Saat ini, basis pengguna UC Browser juga telah berkembang menjadi 40 juta pengguna aktif perbulan di Indonesia, yang membuktikan daya saing yang kuat di pasar “mobile-first”. Banyak orang Indonesia mulai mengakses informasi melalui telepon genggam mereka. Menurut laporan Mary Meeker Internet Trends 2017, segmen pembagian penggunaan telepon genggam dalam lalu lintas web traffic di Indonesia adalah 69%, jauh di atas rata-rata global yaitu sebesar 50%.

Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu pasar terpenting bagi UC Browser, menimbang pesatnya pertumbuhan pengguna Internet, terutama pengguna Internet melalui telepon genggam. Shallia Li, Kepala Bagian Bisnis Internasional UC Browser, Alibaba Mobile Business Group
menjelaskan: “Kami dengan bangga mempersembahkan UC Browser 12.0 untuk pengalaman browsing yang lebih cepat dan cerdas yang juga memiliki beragam pilihan konten. Kami berharap peningkatan ini dapat memenuhi kebutuhan para pengguna Indonesia dalam aplikasi browser yang
lebih maju dan konten digital yang berkualitas.”

Perkembangan terkini UC Browser akan membantu mendorong penetrasi Internet yang juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara yang bersangkutan. UC melihat peningkatan sebesar 50% bagi pageviews untuk segmen berita di UC Browser, sejak kuartal kedua hingga kuartal keempat 2017, serta 60% gabungan dari pertumbuhan konsumsi konten video di UC Browser di India dan Indonesia.

Terlebih lagi, platform UC We-Media, telah mendaftarkan 70.000 pencipta konten di
India dan Indonesia, dengan 10 kali pertumbuhan yang lebih besar di tahun 2017. Peningkatan Teknologi Baru selain menyediakan konten yang lebih beragam, fitur lain yang menarik dari UC Browser mencakup teknologi yang lebih canggih dan kinerja yang lebih cepat. Teknologi Big Data dan algoritma berperan penting untuk mengoptimalkan rekomendasi konten dalam feed berita bagi para pengguna. UC Browser juga menambahkan fitur cuaca dan zodiak agar pengguna bisa lebih menyesuaikan laman utama mereka masing-masing. UC Browser juga meningkatkan user experience dalam segmen konten, terutama untuk video yang dilengkapi fitur no-buffering untuk kenyamanan para pengguna.

“UC Browser memiliki visi “Content for Everyone, Every Content for One”, yang berarti bahwa kita akan membuat konten yang dapat diakses oleh pengguna terlepas dari situasi jaringan yang berbeda-beda, dan pengguna akan memiliki akses untuk menyusun sendiri laman utama UC Browser mereka dengan konten yang disesuaikan berdasarkan kata kunci yang sering mereka cari di kolom pencarian dan feed berita.

Untuk memenuhi permintaan konsumsi konten yang terus bertambah, UC Browser
telah memimpin pasar browser seluler untuk melakukan peningkatan dari tool-plus tradisional ke platform distribusi konten yang didukung dengan Teknologi Big Data,” ujar Shallia. UC Browser 12.0 mendukung format pengkodean video terbaru, VP9 Codec, yang mampu menyimpan data mobile hingga 50% dibandingkan versi yang terakhir, VP8, namun tetap mempertahankan kualitas video yang sama. Protokol QUIC (Quick UDP Internet Connections) juga didukung pada sistem tersebut. QUIC adalah alat transportasi baru yang meningkatkan efisiensi bandwidth dibandingkan dengan TCP, sehingga browser mampu tampil lebih baik dan cepat dalam kondisi jaringan yang buruk sekalipun. “Sejalan dengan visi kami, kami selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna kami di Indonesia. Kami berkomitmen menyediakan konten yang berkualitas dan pengalaman terbaik di platform kami,” ujar Shallia.

Tentang UCWeb
UCWeb Inc. (UCWeb), adalah bagian dari Alibaba Mobile Business Group, penyedia layanan mobile internet software terkemuka. Sejak tahun 2004, UCWeb mempunyai misi untuk menyediakan layanan mobile internet yang lebih baik untuk orang-orang di seluruh dunia. Portofolio produk UCWeb termasuk diantaranya UC Browser (layanan mobile browsing), UC News (distributor konten), 9APPS (Android app store) dan UC Union (mobile traffic dan monetization platform). UC Browser adalah satu dari 3 top mobile browser di dunia (berdasarkan data StatCounter). Pada Agustus 2016, UC Browser telah mencapai 420 juta Monthly Active Users dan 9Apps telah mencapai 250 juta Monthly Active Users secara global. Informasi lebih lengkap tentang UCWeb dan produk-produknya dapat dilihat di www.ucweb.com.

Berikut mengenai UC Browser 12.0:

• UC Browser merupakan produk peramban (browser) mobile unggulan yang dikembangkan oleh
UCWeb, bagian dari Alibaba Mobile Business Group. Selain itu, UC Browser kompatibel dengan semua sistem operasi seperti Android, iOS, Windows Phone, Symbian, Win CE, Java, MTK, dan Blackberry.

• Sebagai mobile browser No. 1 di India, UC Browser telah menjadi salah satu mobile browser paling populer di Indonesia dan termasuk dalam pasar mobile browser terbesar pada Mei 2017 menurut
StatCounter.

• Pengguna UC Browser di Indonesia kini telah berkembang mencapai 40 juta pengguna aktif bulanan yang berarti 1 dari setiap 7 orang Indonesia menggunakan UC Browser.

• Konsumsi konten pada UC Browser telah meningkat, dimana UC telah menyaksikan total 50% pertumbuhan pageviews pada kolom news feeds UC Browser dari kuartal kedua sampai kuartal keempat tahun lalu di India dan Indonesia.

• Hampir sepertiga pengguna kami di Indonesia menonton video di platform UC Browser, dimana jumlah pengguna kami memiliki potensi besar untuk tumbuh.

• UC Browser melihat pertumbuhan gabungan akan konsumsi konten video sebesar 60% di India dan Indonesia dari kuartal kedua hingga kuartal keempat tahun 2017.

• Versi terbaru dari UC Browser yaitu UC Browser 12.0 mendukung format video terbaru dengan kode VP9 Codec. Setelah melakukan pembaharuan dari VP8 ke VP9 Codec, UC Browser 12.0 mampu menyimpan data mobile hingga 50% dibandingkan versi terakhir namun tetap
mempertahankan kualitas video yang sama baik.

• Browser ini mendukung MSE (Media Source Extensions) baru, yang diperkenalkan oleh World Wide Web untuk memfasilitasi video streaming di website, akan membantu mengoptimalkan pra pemuatan video di website dan mengubahnya secara otomatis di bawah jaringan yang berbeda-beda.

• Berdasarkan data dari Google di tahun 2015, pengguna melaporkan 30% proses buffering yang lebih sedikit saat menonton video dengan QUIC.

• Versi baru dari UC Browser mendukung protokol QUIC. QUIC adalah singkatan dari Quick UDP Internet Connections yang merupakan transportasi baru yang dapat mengurangi periode latensi dibandingkan dengan TCP. Oleh karena itu, UC Browser memiliki performa yang lebih baik
meskipun diakses dengan kondisi jaringan Internet yang buruk.

• UC Browser sekarang beroperasi di kernel baru yang disebut U4. Dengan memanfaatkan VP9, mendukung protokol QUIC dan MSE (Media Source Extensions), pengguna kami dapat menikmati pengalaman menonton video tanpa buffering bahkan pada telepon genggam dengan RAM yang
hanya sebesar 1GB atau 2GB saja.

indonesian talent

Leave a Reply

*