Tips Lolos Casting atau Audisi Film, Sinetron, Layar Lebar, Iklan, Presenter

23 Nov, 2015

Tips Lolos Casting atau Audisi Film, Sinetron, Layar Lebar, Iklan, Presenter

Mau jadi pemain film, sinetron, pembawa acara TV, dll, pastinya kamu akan melalui yang namanya Casting.  Untuk lolos dalam sebuah casting diperlukan sebuah persiapan yang matang. Karena casting sangat menentukan kamu lolos atau tidak dalam sebuah project TV, Layar Lebar, Modeling, Fotoshoot, dll. Nah, bagi kalian para calon artis pendatang baru, kami suguhkan beberapa tips-tips bagaimana caranya agar kita bisa percaya diri dalam mengikuti casting dan agar nantinya kita bisa lolos casting. Simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Cari dulu Informasi nya
Sebagai pendatang baru yang ingin terjun di dunia entertainment wajib untuk memperbanyak informasi tentang casting yang hendak kamu ikuti agar kamu benar-benar jadi perhitungan para sutradara atau produser. ” karakter produk ( untuk casting iklan), atau karakter program/stasiun TV untuk casting presenter. Disana tugasmu mempelajari , amati dan kembangkan tapi tetap disesuaikan dengan karakter kamu untuk bisa lolos mengikuti audisi. Dengan begitu kamu akan sangat siap untuk terjun sekaligus menghadapi casting dan yang terpenting mampu meminimalisir kesalahan yang tidak perlu.

2. Sesuaikan dengan Kostum Casting
Pilih kostum yang sesuai gaya dan karakteristik kamu atau sesuai yang disyaratkan untuk casting. Hindari berdandan atau mengenakan pakaian berlebihan untuk menarik perhatian, bergayalah sesuai karakter yang diinginkan oleh klien atau caster. Keliru dalam memilih kostum di tempat casting selain mengurangi tingkat confident atau percaya diri , juga menjadikan fokus kamu bercabang dan salah tingkah. Dan yang lebih parah lagi , perasaan nerveus atau grogi kamu sangat terlihat di hadapan kamera.

3. Sering Latihan dan Teruslah Mencoba
Sering-seringlah mencari referensi untuk meningkatkan latihan berbicara di depan kamera , berpose , beradu akting , ataupun berjalan di atas catwalk, itu sangat penting dilakoni oleh seluruh talent. Olah diri yang terlatih sudah pasti menciptakan kepribadianmu menjadi lebih percaya diri disituasi dan permintaan jenis casting apapun , sekaligus membantu kamu terbiasa untuk menunjukkan penampilanmu yang terbaik di kamera.

4. Datang Tepat Waktu (Ontime)
Kamu wajib datang tepat waktu. Apabila casting-nya by appointment, jangan sampai menjadikan klien meragukan dan mempertanyakan profesionalisme kamu. Lain halnya jika kamu sudah berusaha untuk tiba tepat waktu tetapi ada halangan, kamu wajib untuk memberitahu pihak klien pada stuasi kamu itu.

5. Jadi Diri Sendiri (Be Yourself)
Walaupun tampilan harus menyesuaikan pada jenis karakter yang diminta bukan berarti kamu harus menjadi orang lain. Kamu harus tetap dengan jati diri dan karakter kamu sendiri karena dengan berpura-pura menjadi orang lain akan terlihat berlebihan dan mengurangi penilaian klien.

6. Jaga Sikap
Ketika kamu berada di tempat casting jagalah sikap dan kesopananmu, karena kamu merupakan tamu yang mendatangi kantor orang lain. Sapalah semua orang begitu kamu tiba di lokasi dan ucapkanlah terima kasih serta berpamitan begitu sudah selesai. Itu memang terlihat Sepele, namun hal itu meninggalkan kesan pertama yang baik.

7. Percaya Diri (Confident)
Dimana -mana jiwa Confident itu sangat memainkan peranan penting termasuk ketika kamu berniat menekuni dunia entertainment. Rasa percaya diri yang tinggi itu menjadikan penampilanmu memuaskan semua pihak . Jangan terlalu over atau berlebihan dan jangan pula merasa rendah diri . Penghambat utama kemampuan dan tingkat prestasi kamu didunia intertainment adalah over confident dan rasa minder.

8. Hati-hati Tertipu
Banyak sekali kasus dan pihak-pihak “nakal” yang meminta model/TV host agar membuka baju atau telanjang dalam proses audisi. Kasus ini sering menimpa terutama pada wanita.
Untuk memainkan iklan produk seperti cream atau sabun, tetap gunakan pakaian yang menutup aurat. Jika pihak klien menginginkan karakter anda agar terlihat telanjang , hindari dan jangan ambil kontrak. Sekarang banyak iklan-iklan kecantikan memakai jilbab dan mengenakan pakaian lengkap, tanpa harus memperlihatkan lekuk tubuh. Usahakan juga ada yang menemani pada saat casting.

9. Jadi yang terbaik dari diri kamu
Berikan yang terbaik dari diri kamu. Sebaik mungkin lakukan adegan-adegan sesuai karakter terbaik kamu dan sesuai yang diminta oleh caster atau klien serta jangan asal-asalan. Karena ini menjadi pertimbangan lulus tidaknya kamu di mata para klien.

10. Jangan Menyerah dan Terus Mencoba
Jangan menyerah walaupun kamu belum lulus audisi atau pemilihan casting . Mungkin kamu merasa jengkel dan galau , tetapi itu cuma sesaat saja. Kamu tidak lolos casting mungkin karena karakter kamu belum cocok dengan yang diminta klien.

Itulah beberapa Tips Lolos Casting atau Audisi Film, Sinetron, Layar Lebar, Iklan, Presenter. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi kamu kamu yang hendak mengikuti casting. Jangan mudah patah semangat dan jangan mudah menyerah yaa

Sumber : http://sanggarananda.net/tips-tips-lolos-casting-atau-audisi-film-sinetron-layar-lebar-iklan-presenter/

indonesian talent

7 comments

  1. blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

  2. A good blog! I will bookmark a few of these..

  3. Wonderful website. Plenty of useful information here. I’m sending it to some friends ans also sharing in delicious. And certainly, thanks for your effort.

  4. It’s an remarkable post designed for all the online people;
    they will take advantage from it I am sure.

  5. Great internet site! It looks very good! Maintain the helpful work!

  6. Putranti Istiarum
    says:

    thanks …bagus bgt tipsnya

  7. eris sobarna
    says:

    sangat bermanfaat menarik
    motivasinya bagus

Leave a Reply

*