Sasando, alat musik yang menyita perhatian dunia dan Indonesian Talent sasando

sasando
25 Aug, 2017

Sasando, alat musik yang menyita perhatian dunia dan Indonesian Talent sasando

Pernah mendengar alat musik Sasando?? Kalau belum pernah, kalian harus mengenalnya. Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang mendunia karena suaranya yang khas, yang dapat menghasilkan suara kombinasi dari tiga alat musik : harpa, piano, dan gitar.

Sasando sendiri berasal dari bahasa Rote, Sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Alat musik ini merupakan alat instrumen petik tradisional yang telah ada sejak abad 15. Sasando terbuat dari bambu dan pohon gebang (sejenis pohon lontar yang banyak tumbuh di pulau Rote). Bentuknya unik seperti harpa melingkar. Bagian tengahnya berupa bambu dengan senar yang dapat dipetik dan bagian luarnya diselimuti daun lontar yang melengkung sebagai resonansi.

Tim Indonesian Talent pernah diundang dalam suatu acara dan melihat sendiri alat musik yang unik ini. Dari tampilannya saja alat ini sangat menarik dan indah. Begitu dimainkan, ternyata keindahan suaranya mampu menggugah hati, mendawai-dawai seperti air dan memberi kenyamanan. Wajar jika negara jepang & belanda dikenal sangat menyukai suara musik sasando.

Sayangnya, alat musik ini kurang mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Hanya sedikit sekali yang bisa memainkan alat musik sasando, apalagi mengenalkannya melalui media online. Tapi ada satu yang menarik tim Indonesian Talent, seorang pria bernama Natalino Mella. Ia merupakan lulusan Arsitek Universitas Kristen Petra Surabaya. Natalino Mella memodifikasi alat musik Sasando menjadi lebih modern dilengkapi dengan senar yang lebih lengkap dan menciptakan sistem permainan menggunakan sepuluh jari.

Penasaran? Lihat saja permainannya disini :

Untuk lebih lengkapnya mengenai Natalino Mella, silahkan lihat portfolionya disini :

Natalino Mella

Salam Seni!

Indonesian Talent
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Sasando
dikutip dari berbagai sumber

indonesian talent

Leave a Reply

*