Launching Video Clip Wudhu by J-Rocks

24 Jan, 2018

Launching Video Clip Wudhu by J-Rocks

Lagu Wudhu yang pernah dilantunkan oleh group Bimbo, diaransemen ulang oleh kelompok J-Rocks agar lebih berselera milenial. Reborn Studios bersama Aquarius memproduksi ulang lagu Wudhu juga menjadikan pesan religi memiliki dimensi kemanusiaan lebih ngepop. Setidaknya generasi gawai lebih mudah mamahami lirik lagu yang sarat pesan ini.

Reborn menggandeng J-Rocks bukan tanpa alasan. Bukan sekadar warna musik, Japanese rock yang disuka generasi milenial, namun visi dan pribadi dari personal kelompok musik yang eksis sejak 2004 ini, sejalan dengan visi Reborn. Reborn, melalui program Convey Indonesia, menjadi mitra kreatif Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta, membangun perdamaian di Indonesia yang berbasis pada pendidikan agama.

“Ada pertimbangan kualitas musik, segmen penggemar, fanbase, konsistensi dalam berkarya, dan visi dari band J-Rocks yang sesuai dengan visi Reborn maupun PPIM UIN. Bahwa ada pesan yang ingin disampaikan bersama menyangkut Indonesia damai yang toleran, beragam dan saling menghargai. Ini yang jadi pertimbangan kami,” jelas Deden Ridwan, pimpinan Reborn Studios.

Hasil riset dan survei PPIM memperlihatkan betapa rentan generasi milenial terhadap isu-isu toleransi, keberagaman maupun radikalisme. Dan agama menjadi sarana yang mudah dalam mengajak generasi milenial mencegah meluasnya perilaku sikap ekstrem dan intoleransi di lembaga-lembaga pendidikan dengan berbasis pada pendidikan agama.

J-Rocks juga bukan pertama kali mengaransemen lagu rock religi. Sebelumnya, Iman Taufik Rahman, Sony Ismail Robbayani, Anton Rudi Kelces, dan Swara Wimayoga – personel J-Rocks – mengaransemen ulang lagu Assalammualaikum milik Opick. Juga salah satu singel mereka, Tersesat, menjadi referensi kreatifitas dan kemampuan band yang memiliki penggemar tersebar hingga Jepang ini.

Basis penggemar – biasa disebut J-Rockstar — yang anak muda milenial tentunya menjadi pertimbangan lain Reborn menggandeng J-Rocks.
Hello friends let’s get started/ tebar kenaikan dalam dunia. Hilangkan radikalisme dalam diri kita/ yang tak sesuai dengan norma manusia
Perbedaan adalah karunia/ kita hidup di bumi dan langit yang sama…
Lirik di atas merupakan tambahan yang ditulis Iman Taufik dan tidak ada dalam lagu asli lagu Wudhu milik Bimbo.

Dengan lantunan ngerap, sesungguhnya pesan utama aransemen ulang ada di bagian tersebut. Kalimat lengkapnya merupakan pesan hidup bertoleransi, menyingkirkan perbedaan dan mengingatkan kembali kepada semua anak muda bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk menyembah padaNya dan mencintai sesama.

Ngejam, Ngerock, Ngefriend
Tiga kata tersebut menjadi proses produksi lagu Wudhu. Setelah menerima tantangan untuk mengaransemen ulang lagu Wudhu, J-Rocks ngejam sambil ditunggui tim Reborn dalam proses membuat lirik dan aransemen lagu. Awalnya, Wudhu dibuat dalam tempo lambat namun pihak Reborn melihat, warna musiknya tidak pas dengan jiwa Japanese-rock. Dan nuansa rock akhirnya menjadi pilihan bersama.

“Alhamdulillah, senang bisa mengaransemen ulang lagu wudhu ini. Sebelum tahu (makna) wudhu, ya wudhu biasa aja. Setelah paham artinya, jadi lebih paham dan dibawa ke kehidupan sehari-hari. Terus berusaha menjadi muslim yang baik. Ada semangat ukhuwah dalam lagu ini,” jelas Sony, gitaris J-Rocks, sekaligus memaknai ngefriend melalui lagu Wudhu.

“Mengaransemen ulang lagu Bimbo itu (jadi) tantangan banget. Bagusnya, kita diminta aransemen yang J-Rocks banget. Kita dibebaskan berkreasi sesuai dengan karakter khas J-Rocks. Semoga saja hasilnya tidak merusak pesan dan kaidah-kaidah lagu itu. Lagu Berwudhu bagi kami itu sakral banget,” tambah Iman.

Reborn berharap melalui lagu dan video klip Wudhu, pesan toleransi dan perdamaian bisa dipahami generasi milenial. Tidak mudah memang. Melalui kerja bareng dengan J-Rocks diharapkan menjadi lagu yang easy-listening bagi generasi zaman now. Pada saat media conference ini berlangsung, Selasa (23/1), setidaknya 40 radio jaringan juga menyiarkan lagu Wudhu hasil aransemen ulang J-Rocks! Dilaunching video clip ini juga turut hadir Ibu Yenny Wahid.
(Reborn-PPIM)

indonesian talent

Leave a Reply

*