Cara Mewujudkan Impian Menjadi Penyanyi Profesional (2 )

24 Feb, 2017

Cara Mewujudkan Impian Menjadi Penyanyi Profesional (2 )

Hampir semua penyanyi profesional mengawali kariernya dari kamar mandi. Setujukah Anda dengan pernyataan itu? Apakah Anda salah satu ‘penyanyi kamar mandi’ yang ingin nyanyiannya didengar lebih banyak orang? Jika menjadi penyanyi profesional adalah cita-cita Anda, bacalah artikel ini untuk mengetahui persiapan apa yang sebaiknya Anda lakukan demi mewujudkan impian tersebut.

Bagian 2

Mengasah Kemampuan

a. Bersabarlah. Orang bijak berkata, hal-hal baik akan datang pada mereka yang rela menunggu. Bersabar sambil terus berusaha adalah obat mujarab untuk diterapkan dalam semua aspek kehidupan kita. Tidak perlu terburu-buru, maksimalkan waktu yang ada untuk mengasah kemampuan Anda.

b. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk berlatih. Kunci kesuksesan adalah berlatih, berlatih, berlatih, dan terus berlatih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sisihkan beberapa jam dalam sehari atau beberapa hari dalam seminggu untuk berlatih. Beberapa kiat berikut ini layak Anda terapkan :

    • Carilah tempat yang sepi untuk berlatih. Tempat yang tidak terlalu ramai akan menjaga fokus Anda sepanjang berlatih.
    • Kamar mandi, tangga darurat, atau lorong yang sepi adalah beberapa contoh ruangan dengan sistem akustik yang baik.
    • Berlatihlah di dalam mobil ketika berangkat sekolah, bekerja, atau berlibur.
    • Jika di rumah Anda tersedia alat musik dan Anda bisa memainkannya, gunakan saja alat musik itu untuk membantu Anda berlatih.

c. Temukan waktu yang tepat untuk berlatih. Anda tipikal orang yang rajin bangun pagi? Atau Anda justru tipe orang yang sulit bangun pagi tetapi rajin bergadang? Pahamilah gaya hidup dan siklus tubuh Anda untuk mencari tahu waktu berlatih yang paling efektif. Misalnya, jika Anda rajin bangun pagi, sisihkan waktu untuk berlatih sesaat setelah Anda bangun tidur. Jangan menyusun jadwal berlatih pada malam hari, karena kemungkinan besar Anda akan mengantuk dan tidak bisa berlatih dengan maksimal. Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan adalah:

    • Bagaimana kondisi rumah Anda sehari-hari? Sangat padat dan ramai atau justru sebaliknya?
    • Apakah Anda memang berprofesi sebagai penyanyi dan memiliki jadwal bekerja di malam hari?
    • Apakah Anda punya kegiatan lain yang tidak bisa diganggu gugat pada waktu-waktu tertentu?
    • Cobalah untuk berlatih 15-60 menit dalam satu kali latihan.

d. Bermeditasilah secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa ketenangan batin dan pikiran dapat membawa keuntungan yang signifikan dalam berbagai situasi. Jika Anda sama sekali belum pernah belajar bernyanyi, cobalah melakukan meditasi terlebih dahulu. Tenangkan diri Anda, tenangkan pikiran Anda, dan cobalah untuk berfokus pada hasil yang Anda ingin capai.

e. Cobalah mengikuti les atau pelatihan vokal lainnya. Memang ada beberapa penyanyi yang terlahir dengan bakat alamiah dan tidak perlu repot-repot les untuk bisa bernyanyi dengan baik. Namun perlu diingat, mencuri ilmu dari orang yang lebih berpengalaman akan sangat bermanfaat. Selain bisa mengembangkan kemampuan, Anda juga bisa menjalin koneksi dengan orang-orang penting di dunia tarik suara.

indonesian talent