Cara Mewujudkan Impian Menjadi Penyanyi Profesional (1)

24 Feb, 2017

Cara Mewujudkan Impian Menjadi Penyanyi Profesional (1)

Hampir semua penyanyi profesional mengawali kariernya dari kamar mandi. Setujukah Anda dengan pernyataan itu? Apakah Anda salah satu ‘penyanyi kamar mandi’ yang ingin nyanyiannya didengar lebih banyak orang? Jika menjadi penyanyi profesional adalah cita-cita Anda, bacalah artikel ini untuk mengetahui persiapan apa yang sebaiknya Anda lakukan demi mewujudkan impian tersebut.

Bagian 1

Menentukan Tujuan

a. Pahamilah apa yang biasanya dilakukan oleh penyanyi profesional. Kebanyakan orang tidak benar-benar ingin menjadi penyanyi, yang mereka inginkan adalah menjadi superstar. Padahal, ada perbedaan yang mencolok antara seorang penyanyi dan superstar.

    • Seorang penyanyi profesional memiliki jam terbang yang tinggi di dunia tarik suara. Biasanya, orang-orang seperti ini juga sudah menempuh pendidikan musik yang relevan.
    • Seorang penyanyi profesional menjadikan kegiatan bernyanyi sebagai aktivitas sehari-hari, bahkan sebagai profesi. Mereka mempertunjukkan kebolehannya di depan umum 1-5 kali seminggu, dan selalu berlatih setidaknya beberapa jam sehari. Kesuksesan mereka bisa saja berada di ranah lokal, atau meluas ke ranah global.
    • Seorang superstar mungkin saja memiliki kemampuan bernyanyi yang mumpuni. Namun untuk menjadi superstar, terkadang tidak diperlukan pengalaman sebagai penyanyi profesional sebelumnya.
    • Seorang superstar biasanya meraih kesuksesan di ranah internasional dan global.

b. Galilah lebih dalam mengapa Anda ingin menjadi penyanyi. Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, semangat dan gairah adalah kunci kesuksesan Anda. Namun jika gairah tersebut semata-mata didasari oleh keinginan untuk meraih banyak uang dan ketenaran, karier Anda biasanya tidak akan panjang. Bacalah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, dan cobalah pikirkan jawabannya baik-baik :

    • Apa yang Anda dapatkan dari bernyanyi?
    • Di mana tempat pertunjukan favorit Anda?
    • Secara spesifik, di bidang apa Anda ingin meraih apresiasi dan respek dari orang lain?
    • Mana yang lebih Anda sukai, ditonton sedikit orang atau banyak orang?
    • Mana yang lebih penting untuk Anda, mengadakan pertunjukan atau meraih pengakuan atas talenta Anda?

c. Jangan mendasarkan tujuan pada pemikiran orang lain. Mungkin saja orang tua Anda ingin Anda menjadi seperti Pavarotti dan hidup bergelimang harta di hari tua. Namun selalu tanyakan lagi kepada diri Anda, benarkah itu yang Anda inginkan?

d. Jangan menginginkan proses yang instan. Anda harus realistis. Sama halnya dengan berbagai profesi lainnya, diperlukan latihan rutin dan ketekunan untuk bisa menjadi profesional di bidang ini. Latihan diperlukan bukan hanya untuk meningkatkan kualitas, melainkan juga untuk mencari titik nyaman Anda ketika sedang bernyanyi.

    • Sisihkanlah waktu untuk berlatih setiap harinya. Jika tidak memungkinkan, setidaknya berlatihlah beberapa kali dalam seminggu.
    • Bertanggung jawablah pada rencana yang sudah Anda susun. Catatlah jadwal latihan Anda di kalender atau buku catatan agar komitmen Anda tetap terjaga.

indonesian talent

Leave a Reply

*