Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (3)

28 Feb, 2017

Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (3)

MC (Master of Ceremony) adalah orang yang ingin kita lihat saat menonton konser musik hip-hop. Jika Anda menyukai musik hip-hop dan bermimpi tampil di atas panggung sambil membawakan syair bermateri orisinal, yang dapat membuat penonton bersemangat dan bergoyang, belajarlah mengembangkan gaya dan teknik untuk sebisa mungkin menjadi penyanyi rap terbaik, dan berkumpullah bersama orang-orang berbakat. Lihatlah langkah 3 untuk informasi lebih lanjut.

Metode 3

Melakukan Pertunjukan

a. Buatlah penonton menjadi bersemangat dan bergoyang

 

Seorang MC merupakan daya tarik utama. Kuasailah panggung dan buat penonton bergairah pada pertunjukan tersebut. DJ harus terus memainkan irama, hype-man sudah siap menunjang Anda, dan tekanan pun dimulai.

    • Berguraulah dengan penonton dan libatkan mereka. Beri isyarat pada DJ untuk menurunkan irama dan biarkan penonton menyanyi setelah menggiringya pada bagian chorus.
    • Anda harus menyukai musik yang dibuat jika ingin penonton menggemarinya juga. Bergoyanglah, rasakan hentakan irama, dan perlihatkan layaknya Anda bersemangat karena berada di atas panggung. Jika hanya berdiri mematung pada dudukan mikrofon dan terlihat layaknya sedang bosan, penonton pun akan menunjukkan hal yang sama.

b. Percaya dirilah saat tampil di atas panggung

 

Jika telah melakukan persiapan dengan matang, cobalah untuk merasa percaya diri dengan kemampuan Anda dalam bermusik sehingga dapat menunjukkan penampilan terbaik kepada penonton. Inilah saatnya untuk bersinar. Berikan penampilan yang tidak akan pernah mereka lupakan.

    • Pastikan telah mengingat semua lirik lagu dan berlatih menggunakan mikrofon, sehingga Anda dapat merasa percaya diri bahwa semua aspek teknis dari penampilan di panggung akan berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti. Sangat sulit untuk tampil dengan percaya diri jika mencoba mengingat semua lirik sepanjang penampilan.
    • Sangat penting untuk melakukan uji mikrofon terlebih dahulu sebelum tampil di atas panggung. Bagian dari pekerjaan seorang penampil adalah berada di tempat sebelum pentas dimulai untuk memastikan semuanya telah diatur dan berjalan sesuai rencana. Jangan menjadi bintang rock gadungan yang melalaikan tanggung jawab pada pra-pertunjukan. Jadilah penyanyi yang profesional.
    • Selalu naik ke atas panggung dengan siuman dan telah cukup beristirahat. Simpanlah kegiatan berpesta untuk setelah pertunjukan.

c. Menyanyilah dengan artikulasi yang jelas, tegas, dan lantang

 

Akan sulit bagi penonton untuk menyukai musik Anda jika nyanyian terdengar tidak jelas, terlalu kecil, ataupun jorok. Rap tidak harus terdengar seperti salah satu tokoh dewasa dalam kartun kuno Peanuts. Lemparkan nyanyian dengan lantang dan pastikan cukup keras agar dapat didengar di seluruh penjuru ruangan.

    • Jika bermasalah mempertahankan kelantangan suara saat melakukan pertunjukan, berlatihlah membaca majalah dan buku dengan kencang untuk mengatur suara menjadi lebih keras secara alami. Cara ini mungkin akan membuat jengkel teman sekamar, namun patut dicoba untuk mengencangkan suara sebagaimana dibutuhkan saat tampil di panggung.

d. Tetap jaga kontak dengan penggemar

 

Berinteraksilah secara aktif dengan basis penggemar yang mulai tumbuh, baik pada saat pertunjukan maupun di internet. MC akan menjadi wajah dari grup musik sehingga harus menjalani sisi publisitas pada dunia rap dengan sungguh-sungguh. Tetaplah tinggal di luar setelah pertunjukan untuk menemui penonton dan ‘’menjual” apa pun yang dipunyai, menjadi ramah dan terbuka kepada mereka.

  • Doronglah orang-orang untuk mendatangi pertunjukan Anda melalui media sosial, dan balaslah pesan mereka pada Twitter ataupun Facebook secara pribadi. Penyanyi rap, mungkin lebih dari kelompok musisi yang lain, dikenal gemar mengembangkan dan memegang kendali atas media sosial mereka untuk mencapai potensi sepenuhnya. Anda cenderung lebih mudah mendapat kontrak rekaman dengan menggunakan video lagu recycle yang berhasil dan terkenal di YouTube.

indonesian talent