Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (2)

28 Feb, 2017

Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (2)

MC (Master of Ceremony) adalah orang yang ingin kita lihat saat menonton konser musik hip-hop. Jika Anda menyukai musik hip-hop dan bermimpi tampil di atas panggung sambil membawakan syair bermateri orisinal, yang dapat membuat penonton bersemangat dan bergoyang, belajarlah mengembangkan gaya dan teknik untuk sebisa mungkin menjadi penyanyi rap terbaik, dan berkumpullah bersama orang-orang berbakat. Lihatlah langkah 2 untuk informasi lebih lanjut.

Metode 2

Mengembangkan Gaya Diri Sendiri

a. Sesuaikan dengan kenyataan

 

Jika merupakan seorang remaja yang berasal dari daerah kota pinggiran, menyanyi rap tentang imperium perdagangan kokaina global yang Anda jalankan mungkin bukanlah ide bagus. Bukan berarti lirik yang diciptakan tidak dapat didramatisasi, namun pada level tertentu, sangat penting untuk terlihat lebih natural. Orang lain harus memercayai jika kata-kata yang diucapkan memang berasal dari hati dan sudah tidak tertahankan lagi.

    • Bahkan penyanyi rap seperti Riff-Raff dan Die Antwoord, yang kemampuannya kerap diragukan karena menjadi “bahan tertawaan”, adalah orang-orang giat yang memperjuangkan keterampilan dan musiknya secara sungguh-sungguh, serta menggunakan media sosial dan pendapat mengenai hip-hop untuk kepentingannya. Selain itu, mereka dapat melakukan rap gaya bebas.
    • Musik selalu menjadi prioritas utama tentunya, tetapi realita juga harus mempengaruhi penampilan Anda. Olahlah penampilan segar yang mewakili musik Anda secara visual dan akan membuat orang lain tertarik. Tampillah dengan keren.

b. Jadilah MC yang unik

 

Akan sulit membuat siapa pun mendengarkan lagu Anda jika tidak mempunyai apa pun untuk dikatakan atau ditambahkan ke dalam musik hip-hop. Tidak perlu menjadi seperti Shakespare, tetapi Anda harus mampu menciptakan lagu hip-hop yang enak didengar dan terus menempel di pikiran orang-orang, serta menggabungkan kata-kata dan nada yang ingin didengar oleh semua orang.

    • Dengarkan banyak lagu rap dan temukan celahnya. Buatlah rap dengan sudut pandang terhadap suatu topik hangat yang tidak pernah digunakan penyanyi rap lainnya. Gunakanlah topik-topik yang tidak berani dimainkan oleh penyanyi rap lainnya. Jelajahi wilayah yang belum pernah tersentuh oleh mereka.
    • Nyanyikan rap tentang daerah asal dan jadikan hal-hal di sekitarnya sebagai acuan. Walaupun sering kali menyanyi rap tentang kiasan rap bandit tradisional, Freddie Gibbs dapat dikatakan unik karena ia pada dasarnya merupakan penyanyi rap tanpa cela yang membawakan lagu tentang kota Gary, Indiana, sebuah tempat yang unik dan tak terduga untuk menciptakan lagu rap. Hal ini membuat Freddie Gibbs dan musiknya menjadi unik.

c. Buatlah grup dengan gaya khas anggotanya masing-masing

 

Seorang MC akan menjadi pembawa acara, pengatur mikrofon, dan mungkin penyanyi rap paling mahir di antara anggota kelompok, tetapi untuk menjadikan diri sendiri sangat menonjol, Anda membutuhkan sedikit bantuan.[1] Selain kemahiran, dibutuhkan juga:

    • Seorang DJ yang memahami cara melakukan scratching, mencampur, dan menampilkan musik. Untuk menunjang secara instrumental, temukan seseorang yang memahami musik Anda dan mahir menggunakan cakram, seseorang yang tahu cara mempertahankan penampiilan ketika berada di atas panggung. Menemukan seseorang yang memiliki peralatan DJ lengkap untuk tampil secara langsung juga merupakan ide yang bagus. Pergilah dan dengarkan pemuda di sekitar menampilkan kemahirannya sebagai seorang DJ, dan lihat siapa yang paling menarik perhatian Anda.
    • Hype-man. Hype-man pada umumnya adalah orang yang menunjang nyanyian pada akhir sajak serta menambahkan lapisan tekstur dan volume pada lagu. Periksalah video Bastie Boys menyanyi secara langsung untuk melihat cara hype-man masuk pada kata -kata bersajak guna memberikan penekanan pada lagu. Selain itu, lihatlah cara Flavor Flav mengguncang panggung pada lagunya terdahulu, public Enemy. Hype-man bukanlah penyanyi rap utama, tetapi seorang Hype-man yang handal memiliki karisma dan kemampuan di atas panggung yang sangat berguna untuk mendapatkan penampilan yang keren.
    • MC pelengkap. Wu-Tang Clan dibentuk berdasarkan ide bahwa satu orang MC yang mahir sudah cukup baik, namun delapan orang MC akan menjadikannya luar biasa, terutama jika keunikan serta gaya dan aliran yang tidak terduga menyatu dalam sebuah lagu. Temukan penyanyi rap lainnya dengan gaya dan kepribadian yang agak beberda untuk berkolaborasi dalam suatu penampilan, memberikan Anda elemen tambahan untuk ditampilkan.

indonesian talent