Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (1)

28 Feb, 2017

Cara Menjadi MC dan Menyanyi Rap dengan Benar (1)

MC (Master of Ceremony) adalah orang yang ingin kita lihat saat menonton konser musik hip-hop. Jika Anda menyukai musik hip-hop dan bermimpi tampil di atas panggung sambil membawakan syair bermateri orisinal, yang dapat membuat penonton bersemangat dan bergoyang, belajarlah mengembangkan gaya dan teknik untuk sebisa mungkin menjadi penyanyi rap terbaik, dan berkumpullah bersama orang-orang berbakat. Lihatlah langkah 1 untuk informasi lebih lanjut.

Metode 1

Mengembangkan Teknik

a. Dengarkan sebanyak mungkin musik hip-hop Anda tak mungkin menjadi novelis tanpa pernah membaca novel, kan?

Karenanya, Anda harus membenamkan diri dalam alunan musik hip-hop jika ingin belajar menjadi MC dengan benar. Seorang MC akan menjadi pembawa acara dan kontrolir mikrofon, sehingga harus menjadi penyanyi rap paling mahir di atas panggung. Dengarkan sub-aliran rap Dirty South, boom-bap New York, rap tradisional, West Coast gangsta, dengarkan juga jenis rap yang tidak disukai, bahkan rap klasik. Mulailah mempelajarinya, karena ini adalah pekerjaan rumah terbaik yang mungkin didapatkan.

    • Jika tertarik dengan berdongeng, dengarkan Raekwon, DMX, Nas, dan Slick Rick untuk kemahirannya dalam membuat lirik yang menarik dari suatu syair/sajak.
    • Jika menyukai permainan kata mengenai perumpamaan miring dan aliran kesadaran, dengarkan Ghostface Killah, Assop Rock, dan Lil Wayne untuk kemahirannya dalam menangkap kelengahan Anda dengan sajak yang aneh dan mengejutkan.
    • Jika menyukai musik hip-hop yang menarik banyak perhatian, dan memiliki chorus yang enak didengar serta aliran yang tak terlupakan, dengarkan Rakim, Freddie Gibbs, dan Eminem.

b. Tulislah sejumlah sajak

 

Tidak ada yang ingin mendengar sajak yang digunakan kembali atau lirik lemah penyanyi rap lain yang diperbaiki, tidak peduli bagaimana kerennya tampilan Anda atau berapa banyak uang yang didapatkan. Tempat memulai untuk menjadi MC yang handal adalah dengan berusaha menulis irama yang paling kreatif, tidak terduga, dan sebisa mungkin enak didengar.

    • Belilah kamus sajak dan perbaiki syair yang dibuat untuk menjadikannnya lebih mengejukan dan menarik. Hindari menggunakan kata-kata yang terlalu mudah dimengerti atau klise untuk dimasukkan ke dalam syair.
    • Cobalah menulis sepuluh sajak baru dalam satu hari, bahkan jika tidak terbiasa mengarang lagu. Lirik tersebut mungkin dapat berkembang menjadi sebuah lagu, atau Anda akan memiliki pijakan untuk memulai ketika telah mendapatkan irama yang benar-benar disukai atau membuat ingin bergoyang.

c. Latihlah alunan irama Anda

 

Lagu tidak mungkin dimainkan jika lirik dan irama tidak dapat disesuaikan, bahkan jika mampu mengarang syair yang dapat langsung dipublikasikan. Penyanyi rap yang dapat tetap berada di dalam irama cenderung lebih sukses daripada yang mampu mengarang lirik dengan baik.

  • Kunjungi situs web YouTube dan periksalah penyanyi rap lainnya menyanyikan irama yang disukai dalam gaya bebas . Pada setiap lagu rap ternama, ada begitu banyak penyanyi rap lain yang menggunakan iramanya dalam nyanyian gaya bebas. Ini adalah cara yang baik untuk mempelajari berbagai gaya nyanyian yang berbeda.

d. Dengarkan banyak ketukan nada pada lagu

 

Habiskan banyak waktu untuk mendengarkan irama yang Anda coba nyanyikan, biarkan nada-nada tersebut meresap di pikiran sebelum memaksa memasukkan lirik yang janggal ke dalamnya. Bermainlah dengan skema sajak berbeda dan cobalah mengikuti tiap ketukan nada. Terdapat sejumlah cara berbeda untuk masuk ke dalam suatu ketukan dan sebaiknya tidak mengikuti setiap irama yang didengarkan.

  • Carilah produser yang menciptakan ketukan nada yang disukai dan gunakan iramanya setiap ada kesempatan. Siapa tahu hal tersebut dapat berkembang menjadi hubungan kerja yang baik.

e. Lakukan rap gaya bebas

 

MC terbaik adalah penyanyi rap gaya bebas yang mahir, yang mampu menciptakan syair yang mudah diingat secara spontan. Kemahiran dalam melakukan rap gaya bebas tidak datang begitu saja, Anda tidak dilahirkan dengannya. Anda dapat berlatih untuk mengembangkan setumpuk kata bersajak yang dapat diselewangkan, belajarlah menyesuaikan variasi pada pola yang telah dikembangkan secara spontan.

    • Catatlah sajak yang telah dibuat. Jika mendapatkan akhir kalimat yang baik, Anda dapat menemukan kalimat yang cocok untuk mengawalinya, dibandingkan dengan menggunakan kalimat yang bagus sebagai titik awal.
    • Keluarkan saja ide-ide sajak. Ketika sendirian, berhentilah berpikir apa yang sedang dilakukan dan mulailah bersajak. Jangan khawatir terdengar bodoh atau tidak masuk akal, selama tidak ada orang di sekitar. Jika menyanyi rap gaya bebas secara terus-menerus tanpa kehilangan ketukan selama lima menit, Anda kemungkinan besar akan menemukan setidaknya beberapa bait bagus yang dapat digunakan kemudian.

indonesian talent