Cara Menjadi Aktor atau Aktris yang Baik (3)

28 Feb, 2017

Cara Menjadi Aktor atau Aktris yang Baik (3)

Selalu ada seseorang yang mampu maju ke panggung dan menjadi pusat perhatian dari keseluruhan pertunjukan. Mereka adalah aktor/aktris yang begitu hebat sehingga bisa menarik diri Anda ke dalam dunia mereka dan membuat Anda penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. Teruslah membaca untuk mengetahui cara menjadi aktor/aktris yang hebat dan cara menunjukkan emosi yang kuat untuk memikat penonton Anda.

Metode 3
Mengasah Bakat Anda

a. Cari tahu perilaku manusia melalui percakapan dan buku

Untuk memainkan berbagai macam orang, Anda perlu mengenal berbagai macam orang. Saat Anda bertemu orang, lakukan sebaik Anda untuk diam dan mendengarkan. Tanyakan tentang hidup dan kisah mereka, perhatikan cara mereka bicara dan bahasa prokem apa pun yang mereka gunakan, dan seraplah semuanya. Membaca akan membantu Anda melihat konsep ini saat bekerja. Terlebih lagi, membaca akan mengaktifkan bagian yang sama yang diaktifkan oleh akting.

  • Anda harus lakukan riset yang spesifik untuk peran Anda. Jika peran Anda berdasarkan orang atau periode waktu tertentu, cari tahu sebanyak yang Anda bisa. Fakta-fakta kecil ini akan masuk dan memengaruhi penampilan Anda, walaupun secara tidak sadar.

 

b. Tonton dan tonton ulang aktor-aktor yang Anda kagumi

Saat Anda menonton seseorang berakting, biarkan diri Anda tenggelam dalam adegan untuk pertama kalinya, seperti saat Anda menonton film lainnya. Kemudian putar ulang adegan tersebut, dengan menaruh perhatian khusus pada setiap aktor secara terpisah. Apa yang dia lakukan saat tidak berbicara? Bagaimana dia menyampaikan dialognya? Seperti apa posisi dan postur tubuhnya? Gerakan apa yang digunakan untuk membuat orang percaya pada dialognya?

    • Akankah Anda membaca dialog yang sama secara berbeda? Jika iya, bagaimana cara Anda?
    • Sandiwara klasik, seperti karya Shakespeare, adalah cara yang hebat untuk melihat seni akting. Di YouTube misalnya, terdapat 5 aktor berbeda menyampaikan monolog yang sama dari Hamlet. Apa yang membuat mereka berbeda? Pilihan artistik apa yang dibuat setiap aktor untuk menjadikan karakter tersebut unik?

 

c. Ikutilah kursus akting

Kursus-kursus ini biasanya diakhiri sebuah produksi atau pertunjukan, dan ini adalah cara yang hebat untuk berlatih akting di lingkungan dengan tekanan rendah. Perhatikan bukan hanya guru, tetapi murid-murid lainnya. Apa yang bisa Anda pelajari dari mereka? Bagaimana Anda bisa meningkatkan pembacaan dialog mereka, dan apakah Anda akan membuat pilihan yang berbeda untuk karakter tersebut? Bertemanlah dengan rekan-rekan aktor Anda, dan bicaralah dengan mereka dari waktu ke waktu untuk meminta nasihat atau kiat-kiat untuk penampilan Anda.

  • Anda tidak pernah tahu kapan rekan aktor Anda akan sukses, dan dapat berpotensi untuk membantu Anda mendapatkan peran. Bersikaplah ramah dan bersahabat dengan setiap orang di kelas—hal itu akan membuahkan hasil nantinya.

 

d. Ambillah kursus improvisasi

Improvisasi adalah seni akting di masa kini, yang membiarkan karakter Anda mengambil alih tindakan dan bereaksi sesuai tindakan. Keahlian improvisasi akan membantu karakter Anda terlihat alami, seakan bereaksi terhadap kejadian di layar seketika dan tidak membaca dari kertas. Ada banyak kursus improvisasi di daerah perkotaan dan semiperkotaan, dan banyak kursus akting menampilkan sedikit latihan improvisasi.

  • Permainan improvisasi, seperti melaksanakan saran dari teman-teman, akting dengan properti yang aneh, atau berakting dalam adegan-adegan pendek dengan seorang teman, adalah cara yang hebat untuk berlatih akting di mana pun.

 

e. Berlatihlah “cold reading” agar Anda berhasil dalam audisi

cold read adalah saat Anda diberikan naskah dan diminta untuk berakting saat itu juga. Terkadang Anda akan mendapat waktu 1-2 menit untuk melihat naskah, dan terkadang Anda harus langsung melaksanakannya. Walaupun hal ini menyeramkan, hal ini juga sangat mudah untuk dilatih. Belilah buku berisi monolog, ambillah kalimat dari buku, atau bahkan mengambil kisah dramatis di surat kabar dan bacalah dengan lantang. Anda juga bisa membacanya dengan pelan satu kali, kemudian ambil 20-30 detik untuk memilih arahan naskah sebelum memulai.

  • Hal ini juga merupakan pemanasan, yang membantu Anda untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk berakting.

indonesian talent